Tips : Cara Berjualan Online Untuk Pemula

Posted: 19 Maret 2012 in Tips Wirausaha~

Tips : Cara Berjualan Online Untuk Pemula

Hare gene, teknologi canggih membuat segalanya lebih mudah, lebih praktis dan lebih murah untuk berbisnis online. Tinggal sediakan komputer/netbook, buka akun ato buka website, posting dagangan dan duduk manis nunggu customer datang. Errr… benarkah gitu ?

Di dunia maya ini, jutaan online shop bertebaran, kayaknya ga jutaan ya malah lbh dr itu. Itu pun yg lokal aja alias yg di indo, blom lagi yg di luar negri. Gimana bisa bertahan dan sukses di antara sekian banyak online shop ? Palagi yang baru berencana mulai berjualan online.

Jualan online menjadi salah satu alternatif mencari income tambahan (syukur2 bisa sukses dan menjadi income utama) krn tidak memerlukan modal sebanyak toko beneran. Mudah dipantau, ga perlu ngadepin customer secara lgsg kecuali COD (cash on delivery). Tapi juga memiliki tantangannya tersendiri yg unik. Kalau kita mengetahui trik2, maka berjualan online itu tidaklah sulit sama sekali.

Berikut ini tip2 utk yg newbies pemula yg pengen mencari pegangan utk berjualan online.

1. Memilih tempat berjualan di dunia maya (internet)

Langkah yg paling dasar, adalah memilih lokasi. Kamu bisa membuka website sendiri namun hal ini tidak begitu dianjurkan untuk yang pemula, karena memerlukan biaya pemeliharaan website dan domain name dan pemula masih belum memiliki base pelanggan tetap jadi agak riskan utk pemutaran stok barang. Lebih dianjurkan untuk mencari jaringan sosial gratisan yang bisa dipercaya dan banyak online sellernya. Kamu bisa ke facebook, twitter, atau ke jaringan sosial lainnya. Cari info sebanyak2nya dan survei dahulu sebelum memutuskan utk membuka toko di sana. Setiap jaringan sosial memiliki karakter tersendiri. Disarankan untuk menganalisa terlebih dahulu karakter2 di tiap jaringan sosial calon pilihanmu dan pilih yg paling cocok utk dirimu.

Kamu bisa bergabung juga di Direktori World, jaringan sosial untuk blogging dan berjualan. Direktori World dimoderasi dengan ketat jadi buyer akan berbelanja dengan perasaan aman.

Mungkin terlintas di benak, apa keunggulan buka toko di jaringan sosial daripada mendirikan website. Pdhl kan website lebih keren dan trusted.

Keunggulan-keunggulan buka toko di jaringan sosial adalah : gratis. Modal sure pasti adalah satu tantangan untuk pemula. Jadi carilah yg gratis. Tidak semua yg gratis itu murahan. Survei dan carilah yg gratisan tapi berkualitas.

Perlu jadi perhatian khusus terutama yang bener2 newbies dalam jualan online, jaringan pelanggan adalah point utama utk menggerakkan roda perputaran barang. Fokuskan diri utk membangun jaringan pelanggan. Karena langganan yang datang semakin banyak, dan berulang2 membeli, barulah bisa disebut toko online mu telah berjalan. Di dalam jaringan sosial, berarti banyak sosialisasi di sana, banyak member yang mungkin telah saling mengenal. Dr sana membuat kita memiliki kesempatan utk bergabung , berkenalan dan berteman dengan mereka. Dari sana kita perlahan membangun TRUST – unsur terpenting dalam transaksi jual beli online.

2. Memilih sistem penjualan barang dagangan.

Poin ini mudah keliatannya tapi ga sesimpel itu. Karena menyangkut modal/uang, jadi harus pinter2 mengakalinya. Untuk yg masih pemula ato modalnya tidak mencukupi, bisa memilih sistem Dropship : yaitu sistem di mana supplier yang menyetok barang, kita tinggal memasang foto dagangan atas izin supplier, deal dgn customer dan menerima pembayaran, kita bayar supplier kita, dan supplier yg lgsg kirim ke customer. Di sini untungnya lbh sedikit tp resiko jg lbh sedikit. Untuk yg jaringan pelanggannya msh sedikit bisa menggunakan sistem ini sambil membangun jaringan pelanggan yg lbh kuat/besar.

Bisa jg dengan reseller, yaitu menyetok barang. Untuk yg jaringan pelanggannya uda besar atau merasa yakin bisa menjual barang tertentu krn memang dasarnya memiliki spesialisasi berjualan barang tsb, bisa menggunakan sistem ini. Tentu aja di sini memerlukan modal yang lbh byk drpd Dropship. Resiko jg lbh tinggi. Tapi belajar utk meminimalkan resiko kalau kamu memutuskan utk jd reseller. Cari supplier yg bisa dipercaya, kualitas brgnya bagus, harganya murah, pastikan kamu uda menguasai karakter barang2 agar mudah menjelaskan pd customer, dan menjalankan tips2 di bawah berikut ini.

Bagaimana cara memilih dagangan ? Pertama2, putuskan kamu mau berjualan di bidang yg kamu kuasai atau hendak mencoba tantangan baru. Lbh mudah menjual sesuatu yg uda kamu kuasai bidangnya krn kamu akan PD waktu menjelaskan pd customer. Customer lbh percaya pd seller yg yakin pada dirinya dan yakin pd barang yg dijualnya. Jadi luangkan waktumu utk memikirkan apa yg kamu kuasai dgn baik, dan barang apa yg bisa kamu jual di bidangmu. Klo kecantikan bisa aja jual kosmetik, produk pelangsing dll. Klo penggemar fashion maka bisa jualan baju, sepatu dan aksesori. Klo penggemar buku mah bisa jualan buku dan komik. Tapi klo kamu suka tantangan baru, silakan cari bidang yg menarik perhatianmu. Hanya saja pastikan kamu menghabiskan waktu yg cukup utk benar2 menguasainya sebelum menjual. Pelanggan akan jadi ragu2 kalau yg jualan aja juga ga begitu tau info barang2 yg dijualnya.

3. Membangun network customer.

Poin penting dalam hal ini adalah kesabaran. Merajut jaringan memerlukan waktu. Karena di dalamnya terdapat unsur TRUST yg gratis tapi susah dapetnya dan ga akan dikasi lg klo kita ngilangin unsur TRUST ini baik sengaja maupun tanpa sengaja. Awal2nya mgkn memang akan kesulitan mendapatkan customer krn rata2 customer agaksangsi berbelanja di toko yg baru buka, yang komen2nya masih sedikit, yang belum ada kenal. Bersabarlah, krn pelanggan akan datang jg. Satu, dua, tiga, dst. Layani customer dgn seprofesional mgkn. Kenali mereka dan pahami kebutuhan mereka. Perlahan tapi pasti, mereka akan merekomendasikan kita pd temannya. Banyak customer yg sebelum berbelanja di toko newbies akan mencari tau dulu background dan report card. Klo kartu rapor merah ato ada yg pernah komplen, itu akan mengurangi kesempatan kita utk menggaet mereka.

Jangan pernah menghilangkan TRUST yg telah diberikan pada kita. Karena di sanalah kredibilitas kita ditentukan, nasib toko kita berada di tangan TRUST. Pertebal, perkuat TRUST customer kita dengan menjadi seller yg profesional.

4. Menjadi seller yang PROFESIONAL.

Walo cuman toko kecil online yg modalnya seuprit, jgn pernah menganggap remeh hal ini. Patrikan dalam benak, keprofesionalan seorang seller menentukan masa depan toko.

Seller yg profesional adalah seller yg bertanggung jawab atas segala hal yg dia lakukan (klo buyer nakal mah ga perlu tanggung jawab atas kenakalan buyer tp hadapi dgn trik2 tertentu yg membuat buyer nakal mundur). Cepat memberikan respons pada customer. Mgkn aja kdg2 kita sibuk sekali, jelaskan pada customer klo kita tidak memungkinkan utk menjawab tapi akan segera merespons begitu situasi memungkinkan. Customer lebih senang dengan respons seperti itu dan bersedia menunggu, daripada kita cuekin mereka sama skali mpe berhari2. Klo memang kita cuti berhari2, posting pengumuman cuti di situs kita. Pahami customer kamu seperti halnya kamu memahami teman dekatmu. Cari tahu apa yg dia mau, apa yg dia butuhkan, perlakukan dia selayaknya teman. Biarkan dia merasa nyaman berbelanja di tempat kita. Customer yg merasa nyaman di toko kita dijamin akan datang dan datang lg berbelanja. Dan yg penting, jujur dalam hal uang. Kalau memang buyer membayar kelebihan, kembalikan sisanya. Dari sana akan terbangun TRUST.

5. Promosi

Membuka toko, bersikap profesional ga lengkap tanpa promosi. Di antara lautan toko online, kita mesti tampil menonjol utk menjadi pusat perhatian. Duduk nunggu customer mampir dgn sendirinya, akan memakan waktu lama utk menjual barang2 kita. Jemput bola dengan menghampiri mereka. Tapi dengan cara yg sophisticated (anggun dan profesional). Bisa dengan memasang iklan. Byk iklan gratisan yg bertebaran di dunia maya. Ato bisa memanfaatkan program2 gratisan DB. Klo mau tampil lbh ekslusif bisa psg iklan banner berbayar di DB.

Bisa juga dengan menggelar event, kuis yang meningkatkan trafik pengunjung ke tokomu. Harus ada org yg masuk dulu ke toko, dengan niat ato ga ada niat berbelanja itu urusan belakang, krn dgn ada pengunjung, kesempatan berjualan baru terbuka. Klo ga ada, mau jual ke siapa nih dagangan kita, hehehehhee…

Minta juga testimonial dari pelanggan yg pernah berbelanja dgn kamu. Testimonial jg adalah promosi secara ga langsung dari buyer kita. Org lbh yakin klo buyer yg bilang toko kita bagus drpd kita memuji diri sendiri. Dan dr testimonial jg kalau ada kritik saran, kita bisa memperbaiki diri menjadi lbh baik lg.

6. Cari mentor.

Carilah org yg uda pengalaman berjualan online. Bisa jadi dia teman kamu, sodara, kakak ato adik. Mintalah dia membimbing kamu. Cari dia klo kamu memerlukan saran2 ttg jualan online. Bole jg cari admin DB atau Direktori World. Krn di Direktori World disediakan fasilitas utk tanya jawab online ttg jualan online via email. Dengan bimbingan dr org yg uda pernah makan asam garam, kita menjadi lebih yakin dan lbh bersiap2 utk segala tantangan yg dtg menghampiri kita.

7. Sadari kalau semua proses memerlukan waktu.

Membangun toko ibarat menanam pohon apel. Menunggu pohon berbuah dan mateng, memerlukan waktu. Ga mgkn lgsg ari ini beli benih, lgsg berubah jd pohon yg rindang dan keluar apel merah ranum. Kita memerlukan wkt utk membangun toko, seperti halnya menanam buah apel. Dr memilih lokasi dan tanah (kita memilih jaringan sosial mana yg cocok), memilih benih dan tipe pohon (kita memilih barang dagangan), menanam pohon (kita melaunching toko), merawat, menyiangi dan menjaga ga diserang hama (kita memelihara toko kita, memperlebar jaringan customer, dan bersaing dgn toko yg berjualan dgn brg yg sama), sampai akhirnya keluar bunga dan berbuah kecil (langganan pertama yg datang), kita mesti menjaga buahnya ga dimakan ulat, ga jatuh sblm waktunya (kita memelihara jaringan kita dgn sikap profesional) sampai akhirnya menjelma jd buah apel yg ranum dan siap dinikmati (toko kita uda rame dan kita telah memetik hasil perjuangan kita).

Semua memerlukan waktu, dan memerlukan sikap positif dan percaya diri. Jadi klo kamu menemukan halangan (saya lebih suka menyebutnya tantangan), jangan pernah menyerah. Krn semua memerlukan waktu. Proses itu memerlukan waktu. Teknik yg karbitan akan memberikan hasil karbitan. Memang byk hal yg skrg bisa dilakukan lbh cpt drpd dulu, spt dulu jalan kaki dan naik kapal berbulan2, skrg tinggal naek pesawat. Tapi tetap ada hal yg tidak pernah berubah dan memerlukan waktu, seperti membangun kepercayaan dari customer.

Salam Sukses.

Komentar ditutup.