Asal usul nama Gunung Acha~

Posted: 2 Maret 2012 in Legenda di Korea !!

Asal usul nama Gunung Acha

Di seberang puncak Manguri di pegunungan Acha, ada sebuah desa bernama Guri. Nama ini bermakna desa sembilan puncak dan nama itu diberikan, karena daerah itu adalah daerah ngarai kesembilan dari puncak gunung Acha tersebut. Dulu di desa Guri itu tinggallah seorang dukun wanita yang sangat terkenal di daerah itu. Tapi, kesaktian sang dukun itu sampai menjadi perdebatan di antara pegewai-pegawai kerajaan. Sebagian pegawai pemerintah menuntut hukuman terhadap sang dukun itu, karena dia diduga telah menipu rakyat. Sedangkan sebagian lainnya membelahnya dengan mengatakan kesaktiannya dapat dipercayai. Akhirnya, kedua belah pihak menyepakati untuk menguji kesaktian sang dukun itu. Mereka menaruh seekor tikus ke dalam sebuah kotak, lalu menyuruh sang dukun untuk menebak isi kotaknya. “Apa yang ada di dalam kotak ini” tanya seorang pegawai kerajaan. “Ada tikus di dalamnya” jawab sang dukun. Kemudian, pegawai kerajaan bertanya lagi berapa ekor tikusnya di dalam kotak itu. “Ada tujuh ekor tikus di dalamnya” jawab sang dukun. Jawaban itu meyakinkan pegawai-pegawai kerajaan untuk tidak mempercayai sang dukun itu dan memutuskan untuk membuang sang dukun pembohong itu ke dalam kali Misari.
Sementara salah seorang pegawai kerajaan masih percaya terhadap daya sakti sang dukun itu, sehingga dia menyarankan untuk membedah perut tikus supaya mengetuhi tikus itu sedang mengandung. Sesuai dengan saranannya itu, perut tikus itu dibedah, kemudian para pegawai menyaksikan 6 ekor bayi tikus yang terdapat di dalam perutnya. Setelah itu, baru kesaktian sang dukun dibuktikan dan diakui. Pegawai-pegawai kerajaan segera mengirim seorang prajurit ke kali Misari supaya tidak membuang sang dukun yang sakti itu ke dalam air kali. Namun, ketika prajurit pembawa pesan itu tiba di atas puncak gunung Acha itu, sang dukun telah dibuang dan sudah mati. Setelah mengetahuinya, prajurit itu menyesal dengan mengatakan “Aduh, sayang terlambat”. Dari ungkapan itulah gunung itu disebut dengan nama gunung Acha atau Achasan yang bermakna, aduh.

Infromasi Wisata

Di Korea, bukit yang memiliki ketinggian lebih dari 100 meter pada umumnya disebut gunung dan terdapat sekitar 4.000 gunung. Di antaranya, 71 gunung ada di dalam wilayah ibukota Seoul. Salah satunya, Gunung Acha terletak di daerah timur dari suangai Han di Seoul dan memiliki pemandangan indah. Dari puncak gunung itu, kelihatan seluruh kota Seoul. Selain itu, gunung Acha itu telah ditentukan sebagai taman dan dilengkapi fasilitas kenyamanan seperti sumur mineral, lapangan olahraga, tempat istirahat, dll.

Komentar ditutup.