TAMAN DEKORASI~

Posted: 16 Maret 2012 in Dekorasi~

TAMAN DEKORASI
Taman merupakan sesuatu yang ditata secara apik untuk memberikan kesan indah, Berbagai usaha yang dilakukan manusia untuk menciptakan nuansa alam yang penuh keindahan, keharmonisan dan nilai artisik lainnya yang menuju kepada unsur bisnis yang menjanjikan.
Keindahan merupakan bagian dari kehidupan manusia, semua orang suka dengan keindahan, semua orang mau berkorban untuk mengeluarkan dana demi terciptanya keindahan, dan semua orang selalu mendambakan keindahan sesuai dengan perkembangan jaman.
Dalam kaitannya dengan hal tersebut, seyogianya taman bisa dijadikan suatu objek usaha untuk menarik penghasilan. Menciptakan bidang usaha memang tidaklah gampang semua itu harus didasari oleh kemampuan, ketelitian, kesabaran, dan kerja keras. Tetapi semua itu harus pula memperhitungkan, asasaran peluang, modal, ancaman dan profit usaha.
Dalam upaya memenuhi kebutuhan hidup terutama yang berkaitan dengan bidang usaha untuk mendapatkan penghasilan guna memenuhi tuntutan hidup tersebut, manusia berlomba mencari atau membuat suatu bidang usaha dengan cara dan bentuk yang berbeda-beda sesuai dengan keterampilan dan pengetahuan yang dimilikinya. Ada yang berusaha untuk mendapatkan uang dengan jalan bergang, bekerja sebagai buruh swasta, bekerja sebagai pegawai negeri dan ada pula yang bekerja dalam bidang jasa. Hal itu terjadi semata-mata untuk memenuhi kebutuhan hidup
Jenis usaha dalam bidang jasa memiliki keuntungan tersendiri yaitu diantaranya : tidak memerlukan dana yang cukup besar melainkan hanya dana awal sebagai pengadaan barang atau keterampilan yang kemudian digunakan sebagai alat usaha, kemungkinan untuk rugi sangat kecil karena tidak menjual barang, usaha dalam bidang jasa biasanya bersifat berkelanjutan mengikuti perkembangan jaman, dan peluang keberhasilannya sangat menjanjikan asal dilakukan secara tekun, kreatif, dan percaya diri. Dari berbagai jenis usaha dalam bidang jasa, pembuatan tamanpun bisa dijadikan objek usaha. Perlu kita ketahui bahwa taman terdiri dari beberapa jenis diantaranya : Taman rumah, taman rekreasi dan taman dekorasi yang biasa dibuat pada acara-acara rapat maupun hajatan dan bersifat sementara.
Dari ketiga jenis taman hidup yang lebih menjanjikan keuntungan adalah taman dekorasi. Taman dekorasi cenderung lebih murah dalam segi modal bahkan bisa memamfaatkan tanaman atau bunga-bunga yang ada di sekitar kita.
Modal usaha yang relatif murah tersebut mampu mengeruk hasil yang cukup besar, namun dalam hal ini perlu didukung oleh keterampilan dan kreatifitas dalam merangkai, menata dan mengolah tanaman bunga serta pendukung lainnya supaya kelihatan indah dan alami. Dalam pembuatan taman dekorasi kita memerlukan unsur alam diantaranya : tumbuh-tumbuhan yang berpareatif sesuai dengan karakteristik tumbuhan itu sendiri, rerumputan, air, batu, kolam, air mancur atau air terjun juga tebing buatan serta berbagai macam model lainnya. Pada dasarnya pembuatan taman dekorasi itu adalah menciptakan miniatur alam yang tertata dengan indah dan penuh dengan nuansa damai, harmonis serta nyaman. Hal ini membuat betah para pengunjung atau tamu pada acara tersebut. Tetapi perlu diperhatikan bahwa dalam pembuatan taman dekorasi tersebut, tidak mungkin kita membawa batu, tanah, kolam, tebing atau rerumputan yang sebenarnya, disamping susah membawanya juga susah mengkondisikannya. Tetapi unsur-unsur alam tersebut dibuatkan model dari barang-barang bekas yang ada di sekitar kita seperti : gabus untuk membuat model batu, kertas semen untuk membuat model tebing, plastik untuk membuat kolam dan beberapa alat yang harus dibeli.
Sasaran usaha taman dekorasi ini adalah acara-acara ritual pernikahan, khitanan, hiburan serta acara resmi lainnya seperti : rapat, seminar, sidang, konprensi, dll. Dari beberapa contoh kegiatan masyarakat sebagai sasaran usaha usaha taman dekorasi tersebut, tentunya sudah dapat diprediksi bahwa kegiatan-kegiatan tersebut akan terus berlanjut tanpa akhir, dan jenis usaha ini akan terus banyak diminati oleh masyarakat, yang perlu kita perhatikan adalah mampukah kita mendisain taman tersebut sesuai dengan permintaan konsumen serta menyesuaikan pembuatan taman tersebut dengan kondisi tempat ? dan mampukah kita menyesuaikan dengan perkembangan jaman sehingga taman dekorasi tersebut menjadikan hal yang sangat tepat untuk dijadikan objek usaha.
Rencana kegiatanpun sangat mudah dibuat karena bidang usaha jenis ini sudah bisa diprediksi dalam menentukan pemasaran, waktu, maupun upaya untuk meningkatkan kualitas usaha. Seperti halnya pemasaran bisa dilakukan dengan cara mencari mitra usaha yang berhubungan dengan taman, salah satunya adalah salon kecantikan yang sekaligus menerima dekorasi pelaminan / hajatan atau pesta, pengelola hiburan panggung ataupun pengelola usaha sewa belandongan dan panggung. Dalam segi waktupun usaha taman dekorasi ini sangat mudah untuk dijadikan patokan pemasaran, misalnya ; penentuan hari baik atau bulan baik untuk selalu identik dengan kepercayaan perhitungan adat masyarkat secara turun temurun. Sedangkan upaya peningkatan kualitas bisa dilakukan dengan cara melihat hasil pembuatan taman tersebut dilapangan atau melihat hasil karya orang lain sebagai studi banding untuk melengkapi kekurangan.
Sifat usaha seperti ini adalah musiman, namun sekalipun musiman mempunyai batas waktu yang tidak bisa ditentukan, karena sasaran usaha merupakan sesuatu yang terikat dengan tuntutan adat istiadat, agama, kebiasaan dan program suatu organisasi , instansi, atau perusahaan . Perkembangan jaman dan perkembangan ekonomi masyarakat merupakan prospek yang sangat baik untuk mengembangkan usaha ini, karena tuntutan masyarakat sebagai konsumen akan terus meningkat saeiring dengan majunya perkembangan jaman dan ekonomi masyarakat. Dengan majunya teknologi memungkinkan lebih cepatnya pemasaran bidang usaha ini seperti penayangan pada pesawat televisi tentang prosesi pestanya seorang artis, pengusaha atau pejabat , dan penayangan rapat, seminar, konprensi yang bersifat resmi, juga penayangan panggung hiburan yang kerap terjadi dan merupakan ajang pemberitaan media pertelevisian, Semua itu menjadikan suatu inspirasi bagi masyarakat untuk bisa menampilkan yang terbaik pada acara-acara masyarakat itu sendiri. Begitu juga dengan sipengelola bisnis dalam bidang jasa ini memungkinkan untuk lebih membuat sensasi kepada masyarakat dalam menciptakan taman dekorasi tersebut.
Ancaman atau saingan dalam usaha ini relatif kecil karena bidang usaha taman dekorasi ini terkesan rumit dan mahal, memang betul pembuatan taman dekorasi ini membutuhkan keahlian tersendiri baik dalam pemilihan tanaman hias, penempatan, pemaduan konsep alam, warna dan perspektif lainnya. Namun dengan keuletan dan pengalaman juga selalu berusaha mencari motif dengan melihat alam nyata maupun hasil karya orang lain maka kita akan mampu membuat yang terbaik dari usaha tersebut.
Profit usahapun akan terasa lebih menguntungkan apabila pemasarannya sudah baik. Kepercayan konsumen merupakan hal yang mutlak untuk kita miliki, penampilan dan pelayanan terbaik harus kita utamakan sehingga nilai jual karya kita akan tinggi. Yang perlu kita perhatikan adalah tingkatan taman dekorasi sebagai penentu standar harga, seperti terdaftar dalam tabel harga berikut ini :

Selain itu yang menunjang terhadap lancarnya pemasaran adalah album taman itu sendiri, yang merupakan gambaran jenis taman dan fasilitasnya. Lebih sempurna lagi apabila dilengkapi dengan koleksi kaset VCD yang memuat jam tayang kita diberbagai tempat yang telah memakai hasil karya seni kita. Dari berbagai jenis tampilan taman dekorasi tersebut, tentunya akan mengundang perhatian konsumen untuk lebih percaya terhadap kita dalam usaha dibidang jasa taman dekorasi.
Dengan ketekunan, percaya diri, kreatifitas, modal, serta keberanian dalam mencari mitra usaha sebagai perantara, niscaya usa taman dekorasi akan berhasil dan menguntungkan.

BAHAN-BAHAN TAMAN DEKORASI

A. Tebing
* Bahan yang digunakan : kertas semen/ styrofoam, cat berwarna hitam, kuning, merah bata
* Alat : gunting, citer, steples/hekter
* Cara Pembuatan : remas remas kertas semen bekas sampai mengkerut, cat hitam sampai rata dan tunggu sampi kering, poles warna merah bata bagian kertas yang terlihat lebih menonjol, dan terakhir beri warna kuning dengan polesan tipis dibagian depan saja. setelah kering bentuklah kertas tadi sesuai bentuk tebing yang kita kehendaki. Gunakan styrofoam untuk membuat bentuk batu dan pelengkap lainnya.

B. Kolam
* Bahan : plastik lebar/terpal, kayu penyanggah ( untuk kolam berukuran besar.) bak plastik ( untuk kolam
berukuran kecil )
* Alat : stepler, paku kecil, tali, air mancur, asesories lainnya sebagai pendukung
* Cara pembuatan : sunsunlah kyu penyangga terpal untuk membentuk kolam sesuai kehendak. atau bisa
menggunakan bak plastik, masukan mesin waterpump untuk sirkulasi air terjung atau air mancur.

C. Tumbuhan tinggi
palem, alang-alang rawa,

D. Tumbuhan Pendukung

E. Tumbuhan rendah
PF. agar
-Kertas semen
-Plastik

-Bak plastik
-Plastik lebar/ karpet
Water pump
– Water pump
– Kendi atau tempayan atau kendi
– Palem
– Bambu krisik

Bunga-bungaan
– bunga kol/ pancawarna
– Aster
– tupai persia
– bunga ros
– rumput pagar
– Cemara kipas ukuran kecil
– Hanjuang putih
– Sri rejeki
– tanaman hias lainnya yang berukuran pendek dan indah
Kayu atau bambu glondongan ukuran :
Tinggi 15 cm
Diameter maks 10 cm Cat minyak
Cat minyak
Rangka kayu penyangga kolam
Selang, kabel
Seng, selang, semen, cat minyak
Polibex, pot
Karpet plasti
Tambang plastik
Cat minyak Penjelas koam
Penjelas nuansa alam
Pelengkap taman
Pelengkap taman
Pelengkap taman
Tumbuhan belakang
Tumbuhan tengah
Tumbuhan pokok
Pembatas taman

Komentar ditutup.